Selasa, 21 Januari 2014

MULUT SANGAT MUDAH MELAKUKAN DOSA

MULUT SANGAT MUDAH MELAKUKAN DOSA

“Siapa yang memberi jaminan kepadaku untuk memelihara di antara rahangnya (mulut) dan di antara kedua pahanya (kemaluan) niscaya aku menjamin baginya syurga.” (HR. Bukhari)

Mulut dan lidah adalah sebahagian anggota badan yang penting bagi manusia. Tanpa lidah tidak mungkin manusia dapat menikmati makanan dan minuman dengan sempurna. Demikian pula tanpa mulut jug...
a tidak mungkin manusia dapat bertutur dengan kata-kata.

Orang bijak mengatakan, mulutmu harimaumu. Itulah gambaran sesungguhnya bahwa seseorang yang tidak pintar menjaga mulut atau lidahnya, maka akan membahayakan dirinya bak seekor harimau yang siap menerkam mangsanya. Sekali perkataan keluar dari mulut, tidak mungkin menarik kembali.

Oleh karena itu, jagalah dua elemen ini yakni lidah dan mulut, karena dua anggota ini sangat mudah melakukan dosa. Bahkan kata-kata yang keluar dari mulut ada kalanya lebih dahsyat bahkan lebih tajam dari mata pedang. Barangsiapa yang tidak menjaga mulut dan lidah, kalau pun mungkin hidupnya kaya, pangkatnya tinggi namun Allah subhanahu wa ta’ala tetap meletakkan martabat mereka jatuh lebih rendah dari haiwan. Tidak mudah menjaga percakapan. Banyak berkata-kata sudah pasti banyak kesalahan yang dilakukan.

Allah subanahu wata’ala berfirman mengingatkan nikmat-Nya, “Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua mata, satu lidah, dan dua bibir.” Maka lidah termasuk dari nikmat terbesar dari Allah kepada hamba yang dengannya mereka bisa mengungkapkan isi hati dan keinginan mereka. Namun di balik itu, kita harus berhati-hati menggunakan nikmat tersebut, jangan sampai Allah murka.

Astagfirullah....

Semoga Allah memberikan petunjuk kepada kita untuk senantiasa dapat menjaga lisan dan hati kita. Aamiin

(Cantumkan jika ada doa khusus agar kami para jamaah bisa mengaminkannya)

Silahkan Klik Like dan Bagikan di halamanmu agar kamu dan teman-temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.
 
~Ustaz yusuf mansyur